Ini Proyeksi Harga Influencer Marketing Q2 2024

Mediatics,
Writer

May 30, 2024

Saat ini strategi Influencer Marketing jadi primadona banyak pihak, seperti Digital Marketer, Business Owner, atau bahkan Influencer Marketing Enthusiast itu sendiri. Faktanya, walaupun Influencer Marketing jadi strategi digital marketing yang diandalkan, namun memilih influencer yang tepat dengan kebutuhan brand terbilang tricky & challenging.

Apalagi jika berbicara soal budget Influencer Marketing, banyak faktor yang menjadi penentu besaran harga setiap influencer & sering kali para Digital Marketer/Business Owner menjadi kebingungan untuk menentukan influencer apa yang cocok bagi brand-nya. 

Pada Influencer Pricing Benchmark Q2 2024 (prepared by Mediatics Digital Indonesia & Asosiasi Influencer Marketing Indonesia) kali ini, kami menggunakan beberapa metrics sebagai acuan dalam menyusun report tersebut guna memberikan insights & pencerahan bagi Digital Marketer juga Business Owner, di antaranya:

Jenis Platform Media Sosial

Kami memilih Instagram & TikTok sebagai platform media sosial dalam Influencer Pricing Benchmark, karena berdasarkan data dari We are Social dan Hootsuite, per Oktober 2023 pengguna TikTok di Indonesia mencapai 106,52 juta orang. Diikuti dengan pengguna Instagram di Indonesia yang mencapai 100,9 juta orang (Data Reportal).

Dengan pemilihan dua platform media sosial yang populer di Indonesia, diharapkan Digital Marketer & Business Owner bisa mendapat gambaran saat menentukan platform mana yang cocok bagi brand mereka. 

Jenis Konten

Kami menggunakan beberapa jenis konten pada report kali ini, yaitu Story, Instagram Feed, & Instagram Reels untuk platform Instagram. Sedangkan untuk platform TikTok kami mengambil jenis konten Video Post.

Setiap jenis konten tentunya memiliki harga yang bervariatif, umumnya ditentukan oleh tingkat kesulitan, durasi konten, dan sebagainya.

Tier Influencer

Metric yang tak kalah penting & menjadi faktor utama penentuan harga adalah tier influencer. Kami menggunakan 7 tier influencer dengan rentang 10,000 followers hingga > 5 juta followers. Setiap tier influencer memiliki harga yang variatif, diikuti dengan masing-masing kelebihan & kekurangannya. Karena pada intinya, pemilihan tier influencer harus disesuaikan dengan objective/target dari brand itu sendiri. 

Get the full report now!

Dapatkan insights seputar Influencer Marketing lebih lengkap dengan download Influencer Pricing Benchmark Q2 2024 di bit.ly/pricingQ2-2024