Bagaimana Cara Mengindentifikasi Leads yang Kurang Berkualitas
December 18, 2020
Dalam sebuah bisnis, seorang salesman akan selalu berhadapan dengan bebagai opportunity di market. Tidak jarang seorang salesman mendapatkan leads yang belum tentu sesuai dengan target dari perusahaanya. Sangat penting bagi seorang salesman untuk mengidentifikasi lebih dini apakah leads tersebut layak untuk diproses lebih lanjut atau tidak.
Berikut adalah beberapa cara untuk mengindentifikasi bahwa leads yang kita dapat kurang berkualifikasi:
1. Mereka tidak mengetahui goal kebutuhannya
Leads yang bagus adalah leads yang mengetahui apa goal yang mereka ingin, dari goal ini akan mengarah kepada kebutuhannya. Jadi kita sebagai salesman merangkap sebagai konsultan mereka dapat memberikan masukan yang tepat untuk mereka.
2. Mereka tidak memberikan budget maupun range budget
Budget merupakan hal yang krusial dalam development proposal di digital agency, budget memberikan limit kepada agency proposal seperti apa yang bisa kita berikan sesuai dengan buying power dari leads tersebut.
3. Merek tidak memiliki timeline internal
Timeline internal adalah salah satu indikator yang dapat dijadikan untuk sebuah leads. Karena hal ini penting bagi digital agency untuk membuat plan sesuai dengan keadaan market yang sedang terjadi. Biasanya setiap company pasti memiliki timeline internal selama setahun kedepan.
4.Mereka langung meminta penawaran maupun proposal
Hal ini harus dihindari oleh seorang salesman, karena manpower internal agency yang terbatas. Biasanya sebuah leads yang langsung meminta penawaran tanpa didukung oleh informasi seperti diatas, biasanya hanya melakukan perbandingan harga dengan agency lainnnya. Untuk mengatasi hal ini lebih baik dikirimkan company profile dulu saja.
Ketika seorang sales dapat langsung mengidentifikasi leads yang hal ini dapat dihindarkan untuk menghemat tenaga internal teamnya itu sendiri sehingga internal team dapat focus pada hal yang lebih pasti.