5 Tren Digital Advertising Tahun Ini

Mediatics,
Writer

April 21, 2022

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika pandemi telah meningkatkan pengguna platform digital secara signifikan. Berbagai tren pun bermunculan, yang tentunya memengaruhi tren di dunia digital advertising.

Hal ini disebabkan oleh peraturan ‘di rumah saja’ yang secara tidak langsung telah menyebabkan perubahan besar pada berbagai bidang. Tidak terkecuali bisnis, kini harus ikut beradaptasi dengan menemukan strategi baru yang efektif untuk menunjang perkembangannya. 

Berbanding lurus dengan hal itu, tren pada platform digital pun terus berkembang dan menjadi alasan bagi pelaku bisnis untuk terus berimprovisasi. 

Kedua hal tersebut pun menjadi sebuah langkah penting bagi bisnis untuk dapat meningkatkan awareness para audiensnya dengan cara berbeda. 

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikannya kepada bisnis? 

Kali ini Mediatics Digital Indonesia akan membahas mengenai tren digital advertising tahun ini yang cocok untuk kamu coba pada bisnismu. Berikut ulasannya!

5 Tren Digital Advertising Tahun 2022

  1. Video Marketing

Siapa yang tidak familiar dengan digital advertising tren yang satu ini? Semua pasti sudah pernah melihatnya.

Terlebih saat ini banyak media sosial yang menerapkan konten video sebagai fitur andalannya dan disukai oleh masyarakat. Bahkan, menurut penelitian terdapat 78% penikmat video online di dunia dan 55% diantaranya selalu menyempatkan untuk menontonnya setiap hari. 

Video marketing juga dipercaya paling efektif untuk meningkatkan engagement jika dibandingkan dengan tipe konten lainnya. Tentu saja hal ini dapat menjadi peluang bagi para pelaku bisnis untuk menggunakannya sebagai wadah dalam memperkuat channel-nya.

  1. Display Advertising

Masih seputar konten visual, display advertising juga dinilai dapat menjadi salah satu tren digital advertising yang masih menjanjikan untuk digunakan hingga saat ini. 

Biasanya konten pada digital advertising dapat berupa banner, flash, video ads dan konten dengan visual dinamis lainnya yang terdapat pada sebuah website. 

Keuntungan lainnya dari menggunakan tren ini adalah kamu dapat memantau audiens secara lebih mendetail, terlebih dengan adanya penggunaan keyword tertentu. Melalui metode ini kamu dapat mengetahui preferensi audiensmu lebih jauh lagi lewat beberapa informasi yang kamu dapatkan, misalnya secara demografis.

  1. Programmatic Advertising

Penggunaan Artificial Intelligence nampaknya semakin berkembang hingga saat ini. Bahkan, kamu dapat menerapkannya ke dalam bisnismu lewat salah satu tren digital advertising yang tidak kalah efektifnya, yaitu programmatic ads

Bagi sebagian orang mungkin cara kerjanya memang belum familiar, terlebih karena cukup banyak langkahnya. Namun, kamu bisa mengandalkan Mediatics untuk mengatasinya. Melalui strategi yang disesuaikan dengan preferensi audiens, kami siap untuk menjadi solusi dengan data dan akurasi tepat untuk mengembangkan bisnis. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Iklan Google untuk Kembangkan Bisnis

  1. Personalized Advertising

Menurut riset, 91% konsumen menyukai penawaran yang relevan dengan preferensi mereka. Itu sebabnya sangat penting untuk mengenal karakter audiens, terutama sebagai pelaku bisnis. 

Untuk mencapai tahap tersebut, di sini kamu bisa menggunakan tren personalized advertising yang berfokus kepada audiens yang lebih spesifik. Implementasinya bisa berupa rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi audiens sendiri dengan menggunakan algoritma. 

Dengan analisa menyeluruh mengenai karakteristik audiens kita, algoritma akan merekomendasikan hal yang disukai oleh para audiens. Di sinilah kita akan memberikan pengalaman yang lebih personal kepada mereka.

  1. Influencer Marketing

Salah satu tren digital advertising yang sudah tidak bisa terelakkan lagi adalah jasa influencer marketing

Bagaimana tidak? Persona yang kuat dan juga pengikut yang banyak dapat diandalkan bagi bisnis untuk bekerjasama dan memperluas target market. Itu sebabnya hingga saat ini influencer marketing cukup diperhitungkan sebagai salah satu strategi paling potensial bagi brand

Banyak cara yang bisa kamu gunakan dalam memanfaatkan jasa influencer marketing. Salah satunya adalah dengan utilize media sosial. 

Sebagai contoh, jika kamu memiliki produk berupa barang maka kamu bisa mencoba jasa influencer marketing untuk mempromosikan produk melalui hal yang tidak kalah trendy saat ini, misalnya live streaming shopping.

Itulah beberapa tren digital advertising yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang bisnis. Jika ingin mengetahui layanan di atas yang tersedia di Mediatics, let’s discuss!