Pentingkah Brand Memakai Digital Agency? Ini Dia Penjelasannya

Mediatics,
Writer

July 19, 2022

Dunia yang menjadi serba digital mempengaruhi semua aspek kehidupan. Tak terkecuali pada marketing. Pemilik brand harus beradaptasi dan mengubah cara marketing mereka yang semulanya bersifat konvensional menjadi digital. Sayangnya, tak semua perusahaan memiliki tim di internal mereka untuk mengembangkan strategi digital mereka. Tapi tenang, digital agency hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut.

 

Kenalan Dengan Digital Agency

Belakangan ini, istilah digital agency makin sering terdengar seiring makin gencarnya pemanfaatan digital marketing. Sebelum membahas lebih lanjut alasan kenapa brand harus pakai digital agency, kenalan dulu sama istilah yang satu ini, yuk. 

Mari kita mulai ke istilah agency atau agensi dulu. Agensi adalah perusahaan yang menyediakan jasa atau layanan untuk membantu brand atau perusahaan lain untuk menyelesaikan proyek atau campaign untuk marketing, branding, atau advertising mereka. Nah, digital agency sendiri bisa disimpulkan sebagai agensi yang membantu brand atau perusahaan menyelesaikan projek atau campaign-nya lewat jalur digital, misalnya social media sebagai platform pemasarannya.

Baca juga: Digital Marketing: Pengertian, Kelebihan, dan Contohnya

Layanan Digital Agency

Setelah mengetahui pengertiannya secara umum, kini mari kita menuju beberapa layanan yang biasa dihadirkan oleh para digital agency:

  1. Online branding

Sesuai namanya yang dilakukan serba digital, agensi jenis ini menyediakan layanan untuk perusahaan atau brand yang tengah membangun citra mereka di platform online. Kita semua tahu, branding menjadi salah satu aspek penting yang harus dibangun oleh perusahaan. 

Melalui digital agency, branding bisa dilakukan lebih luas dengan biaya yang bisa dikatakan lebih murah dibandingkan cara konvensional. Misalnya, jika dulu sebuah perusahaan akan mengeluarkan biaya besar agar iklan mereka bisa tampil di televisi guna diketahui oleh banyak orang, kini melalui online semua bisa dilakukan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan cara tersebut. Lebihnya lagi, kamu bisa bebas memilih jangkauan tertentu mana yang akan kamu raih. Seperti audiens yang berada di daerah Jakarta misalnya. 

  1. Social media marketing management

Yap, penggunaan media sosial di zaman sekarang tidak bisa diragukan lagi peminatnya. Bisa dikatakan semua kalangan dari berbagai range umur pun telah menggunakannya. Tentu hal ini menjadi salah satu concern yang penting dan harus diperhatikan bagi perusahaan atau brand untuk menggaet lebih banyak pelanggan dari platform ini. 

Pemasaran di social media tentu tak bisa dianggap remeh. Karena bukan sekedar untuk menggaet pembeli saja yang harus diperhatikan, tentu ada hal lain seperti citra perusahaan yang harus dijaga. Dengan digital agency, mereka akan membantu perusahaan atau brand dalam mengelola social media marketing mereka. 

Jasa yang ditawarkan bisa berbentuk strategi marketing apa yang harus dilakukan di social media, pembuatan konten yang dimulai dari penulisan copy (kata) untuk kebutuhan caption hingga pembuatan desain dan image untuk postingan, kemudian monitoring konten yang telah diupload adalah beberapa contoh layanannya. 

  1. Online advertising

Jika social media marketing adalah cara organik (gratis) yang dilakukan untuk menggaet calon pembeli maupun pelanggan, online advertising adalah cara berbayarnya. Beberapa contoh online advertising yang sering kita temui adalah Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube Ads hingga TikTok Ads. 

Baca juga: TikTok Ads adalah Tren Baru dalam Beriklan? Cari Tahu di Sini!

  1. Optimasi SEO pada website

Website merupakan salah satu platform penting yang juga harus dimiliki oleh perusahaan atau brand. Search Engine Optimization (SEO) sendiri merupakan pengoptimalan website agar bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian di Google. 

Lantas kenapa website perusahaan harus dioptimalkan melalui SEO?

Mudahnya begini, kini banyak orang terbiasa mencari informasi melalui search engine seperti Google. Biasanya orang pasti akan mengklik artikel di halaman pertama pencarian. Dengan memunculkan website brandmu di hasil pertama pencarian Google secara tidak langsung akan dipilih oleh orang untuk dibaca. Setelah dibaca, akhirnya orang akan sadar dengan adanya brand milikmu. Ini tentu menjadi salah satu cara brand awareness bukan?

Alasan Kenapa Brand-mu Harus Pakai Digital Agency

Nah, sekarang kita sampai di point penting pembahasan artikel kita. Seberapa penting sebuah perusahaan atau brand memakai digital agency? Tentu sangat penting. Berikut adalah beberapa alasannya: 

  1. Pemasaran secara digital itu penting

Tentu alasan pertama adalah pemasaran secara digital merupakan keharusan di zaman yang serba digital ini. Cara konvensional tentu sudah tidak relevan dengan behaviour oleh banyak orang yang saat ini banyak menghabiskan waktunya di dunia digital. Bersama digital agency, perusahaan atau brand bisa tahu cara pemasaran digital mana yang harus dilakukan.

  1. Konten berasal dari ahlinya

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, pembuatan konten tidaklah bisa dilakukan sembarangan. Ini menyangkut dari value beserta citra yang dimiliki dari perusahaan atau brand.

Mudahnya dari pemilihan kata yang tepat dan sesuai dengan citra brand untuk caption atau artikelmu tidak bisa dilakukan siapa saja, di sini peran copywriter atau content writer yang mengerti seluk beluk pembuatan kata dibutuhkan. Contoh lainnya adalah pembuatan image, banner, atau semua yang berhubungan dengan desain tentu akan lebih ciamik jika dilakukan oleh mereka yang memang mengerti seperti graphics designer.

  1. Buat brand lebih berkembang

Jangkauan calon pembeli yang lebih luas tentu akan membuat perusahaan atau brandmu dikenal lebih banyak orang. Tentu ini akan berimbas dengan perkembangan brand. 

Eits, tapi satu yang perlu diingat ya, perkembangan tersebut bukan melulu mengenai penjualan saja. Walaupun pada tujuan akhirnya memang sales, ada satu hal seperti brand awareness yang juga penting. 

  1. Waktu dan uang  yang lebih Efektif dan Efisien

Pemasaran akan lebih efektif dan efisien dalam segi waktu dan uang. Di segi waktu, kamu sebagai pemilik brand tidak perlu membutuhkan waktu yang lama karena pusing bagaimana membangun strategi yang tepat. Dengan digital agency yang tentu mempunyai tim yang memang expert di bidangnya masing-masing akan memangkas waktu yang terbuang tersebut. Di sisi lain, campaign yang tengah dibangun akan bisa lebih cepat tersebar dengan menggunakan cara yang digital. 

Dari segi biaya, pemanfaatan strategi digital lewat digital agency biayanya akan lebih murah dibandingkan kamu menggunakan cara lama seperti beriklan di televisi, baliho, radio, hingga penyebaran pamflet. 

  1. Insight baru

Dunia digital terus berkembang secara masif dan belum tentu kita semua bisa up to date mengikutinya. Dengan menggunakan digital agency yang berisikan tim expert dari bidang masing-masing tentu akan menambah pengetahuan baru bagi kamu. 

Biasanya pada akhir campaign atau proyek mereka memang akan memberikan report terkait kinerjanya. Di sana semua bisa dilihat, seperti konten manakah yang works, keberhasilan campaign, seberapa banyak penjualan yang terjual karena campaign tersebut, dan sebagainya. 

 

Mediatics Digital Indonesia, Digital Agency untuk Brand-mu

What are you waiting for? Saatnya brandmu memakai layanan digital agency! Tak perlu bingung harus memilih agency mana yang tepat. Mediatics Digital Indonesia hadir dengan berbagai macam layanan yang bisa kamu manfaatkan. Kembangkan brandmu bersama Mediatics Digital Indonesia sekarang juga!