Pemilik Brand, Kenalan dengan 5 Tipe Instagram Ads Yuk!
August 10, 2022
Instagram sebagai salah satu media sosial yang punya banyak peminat memiliki fitur unggulan Instagram Ads untuk mereka yang ingin mengiklankan produknya. Fitur ini dianggap sebagai salah satu langkah yang efektif dan murah ketimbang strategi lainnya.
Buat kamu pemilik brand, wajib tahu fungsi dan tipe-tipe dari Instagram Ads ini, lho! Let’s check this out!
Apa itu Instagram Ads dan Kegunaanya?
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Instagram Ads merupakan platform beriklan untuk pengguna akun bisnis Instagram. Karena ini sifatnya tidak organik, maka iklan yang ada tidaklah gratis alias berbayar. Tapi, kamu tak perlu khawatir! Saat ini dengan nominal yang kecil saja, kamu sudah bisa mulai untuk beriklan.
Secara umum kegunaan Instagram Ads memanglah solusi efektif ketika beriklan di strategi social media marketing. Kenapa begitu, ya? Salah satu alasan yang mendasar adalah kamu bisa menetapkan dengan jelas siapa saja target audiens dari iklan. Dengan demikian, tak ada budget yang terbuang dengan sia-sia.
Baca juga: TikTok Ads adalah Tren Baru dalam Beriklan? Cari Tahu Penjelasannya di Sini!
Kenalan dengan 5 Tipe Instagram Ads
Memilih tipe Instagram Ads sebelum beriklan merupakan salah satu bagian ketika merancang strateginya. Makanya sebelum tau lebih lanjut cara mengoptimalkan Instagram Ads, kenalan dulu dengan tipe-tipenya dong! Berikut 5 tipe Instagram Ads yang sering digunakan oleh pengiklan:
-
Image Ads
Image ads bentuk single cocok untuk dipakai pada campaign yang menarik dan dikemas hanya dalam satu gambar. Sedikit tips, untuk single image ads kamu bisa memanfaatkan kualitas foto atau ilustrasi yang menarik perhatian. Karena memang, kamu harus mampu menarik pandangan audiens hanya dengan satu gambar saja.
-
Video Ads
Tentu sebagai pengiklan kamu harus mengetahui behaviour yang dimiliki oleh audiens. Misalnya, banyak audiens yang tidak menyukai melihat iklan dengan konten tulisan yang panjang dan padat. Nah, kamu bisa mengakalinya dengan membuat konten yang berbentuk video.
Kamu juga bisa menghadirkan iklan dengan grafis yang menarik dengan tambahan sound. Ini juga bisa menarik perhatian dari audiensmu dalam beberapa detik untuk akhirnya mereka menyaksikan konten iklanmu hingga selesai.
-
Carousel Ads
Kalau carousel ads ini merupakan iklan yang terdiri dari beberapa gabungan foto maupun video yang bisa digeser oleh audiensmu. Kamu bisa membagikan 2 hingga 10 foto/video di satu postingan. Beberapa pengiklan biasanya menggunakan tipe ini untuk menghadirkan konten yang berbentuk cerita panjang ataupun beberapa produk terbaru sekaligus. Oh iya, carousel ads bisa muncul di feed ataupun stories, ya.
-
Shopping Ads
Shopping ads sendiri merupakan tipe iklan dengan memanfaatkan fitur terbaru dari Instagram yaitu fitur Instagram Shopping. Namun sebelumnya kamu sebagai pengiklan harus mengatur katalog Instagram Shopping-mu terlebih dahulu.
Keuntungan dengan memakai iklan tipe ini adalah audiens bisa langsung memasukkan produk ke dalam chart mereka untuk setelahnya dilakukan pembayaran. Bukan cuma itu, audiens pun bisa melihat produk-produk lainnya yang kamu miliki tanpa harus meninggalkan aplikasi Instagram.
-
Collection Ads
Nah, tipe Instagram ads terakhir yang sering ditemui adalah collection ads. Tipe iklan ini merupakan penggabungan dari shopping ads dengan carousel ads. Audiens bisa melihat beberapa foto katalog produk dalam satu postingan.
Sama dengan shopping ads, tipe iklan ini sangat cocok apabila kamu memiliki brand dengan objective penjualan. Karena audiens bisa dengan mudah memasukkan barang yang mereka mau di iklan tersebut.
Yuk, Optimasi Instagram Ads-mu Bersama Mediatics
Beberapa yang telah kami sebutkan di atas hanyalah sedikit dari banyaknya tipe Instagram Ads yang ada. Masih bingung memakai tipe yang mana untuk kebutuhan brandmu? Tenang aja! Kamu bisa mengkonsultasikannya bersama Mediatics. Yuk, kembangkan brandmu bersama expert-nya langsung hanya bersama Mediatics Digital Indonesia!