Kenalan dengan Viral Marketing dan Impact-nya Untuk Bisnismu!

Mediatics,
Writer

November 16, 2022

Sebenarnya viral marketing adalah strategi yang sudah ada sejak dahulu. Namun, dengan populernya penggunaan media sosial membuat strategi pemasaran ini mendapatkan exposure yang tinggi. 

Temukan informasi viral marketing selengkapnya hanya di sini!


 

Kenalan dengan Viral Marketing

Yaps, sesuai namanya, viral marketing bisa diartikan sebagai bentuk strategi yang memiliki tujuan membuat iklan tersebar dalam kurun waktu yang singkat atau viral. 

Sebenarnya, strategi ini juga dikenal dengan strategi mulut ke mulut (word of mouth). Namun, seperti yang sudah disinggung di awal artikel, saat ini media penyebarannya banyak dilakukan melalui media sosial. Melihat media sosial memiliki banyak pengguna sehingga strategi ini bisa tersebar dengan lebih mudah dan cepat. Hal inilah yang tidak menutup kemungkinan bagi semua pelaku bisnis untuk bisa melakukannya. 

3 Keuntungan Viral Marketing

  1. Biaya iklan yang lebih murah

Keuntungan pertama dari strategi ini tentu menghemat biaya. Seperti halnya strategi lainnya yang menggunakan medium lain biasanya memerlukan biaya yang sangat besar, misalnya untuk sebuah baliho di jalanan pusat tengah kota bisa memakan dana puluhan juta rupiah untuk waktu tertentu. 

  1. Brand awareness

Yang tak kalah penting lainnya dari viral marketing adalah semakin besarnya brand untuk diketahui oleh banyak orang. Apalagi ketika konten iklan milik brand-mu menarik, mereka akan senang hati membagikan secara sukarela kepada teman-temannya. maka dari itu viral marketing berpengaruh pada aspek brand awareness.

  1. Bisa menjangkau audiens lebih mudah

Bisa dibayangkan jika viral marketing atau strategi word of mouth ini dilakukan secara konvensional, tentu pemilik brand membutuhkan waktu yang lama dalam penyebaran informasinya.

Berbeda melalui pemanfaatan viral marketing melalui media sosial yang di mana hampir semua orang kini adalah pengguna aktifnya. Pemilik brand bisa menjangkau audiens dari berbagai penjuru kota. Cukup dengan mengaturnya sebelum iklan di-upload, pemilik brand bisa memilih target audiens mereka berdasarkan demografi, behaviour, sebagainya. 

Bagaimana Cara Buat Viral Marketing yang Maksimal?

  1. Research is a must

Konten viral memang banyak bentuknya, namun satu yang perlu diperhatikan olehmu sebagai pemilik brand adalah tidak semuanya bisa diaplikasikan pada iklanmu. Langkah pertama yang tetap harus dilakukan oleh pemilik brand adalah mencari tahu apa yang menjadi tujuan iklan, siapa target audiens yang akan dituju, dan bagaimana persona dari value brand yang ingin mereka bangun. 

Setelah jawaban sudah ada, barulah kamu bisa menentukan apa yang sedang mereka cari dan senangi. Di tahap ini, pemilik brand bisa memanfaatkan Google Analytics! 

  1. Gunakan pendekatan emosional

Kini bisa dikatakan behaviour audiens tampaknya sudah mengalami perubahan. Dewasa kini, audiens menyukai sesuatu yang bisa menyentuh perasaan mereka. Konten yang dirasa memiliki kesamaan dengan mereka juga lebih mudah dilirik. Gunakan story telling yang ciamik dan rasakan apa yang mereka alami untuk kunci kesuksesan viral marketing-mu!

  1. Trend jacking boleh dicoba

Walaupun trend Jacking memiliki makna pembajakan, strategi ini berguna untuk pemilik brand dalam memanfaatkan suatu situasi, case, atau isu yang tengah populer sebagai ide bahan iklanmu. 

Strategi ini lazim digunakan, lebih tepatnya di platform media sosial TikTok. Bahkan sebuah sound yang tengah viral pada TikTok pun bisa digunakan pemilik brand sebagai bahan campaign mereka. 

Oh iya, untuk konten yang tetap otentik jangan lupa terapkan ATM (amati - tiru - modifikasi), ya!

  1. Social outreach

Social outreach juga merupakan kiat yang tengah banyak dimanfaatkan oleh para pemilik brand. Dengan memanfaatkan orang-orang yang punya pengaruh besar di publik seperti Influencer maupun KOL bisa membantu brandmu!

 

Baca juga: Influencer Marketing adalah Strategi Promosi yang Lagi Tren. Yuk Cari Tau Di Sini!

 


 

Optimalkan Strategi Viral Marketing Bersama Mediatics

Pada akhirnya, strategi yang satu ini tetap membutuhkan riset yang panjang karena susah-susah-gampang. Percayakan strategi viral marketingmu bersama ahlinya, Mediatics Indonesia! Sebagai salah satu Digital Advertising Agency di Jakarta yang memiliki layanan Influencer marketing dan lainnya, kami siap membantu! Yuk, segera hubungi kami!