Konten Carousel TikTok Lebih Cepat FYP? Ini Faktanya!

Mediatics,
Writer

June 22, 2024

Sejak awal 2024, TikTok terus meng-encourage para creator & user untuk lebih banyak mengunggah foto carousel dibandingkan video. Padahal seperti yang kita tahu, dulunya platform ini terkenal karena format video berdurasi pendek.

Apa Itu Format Carousel di TikTok?

Carousel TikTok adalah sebuah format konten di mana terdapat lebih dari satu gambar dalam sekali postingan di platform TikTok. Untuk menikmati konten carousel TikTok, pengguna dapat menggeser gambar pada postingan tersebut & akan secara otomatis menampilkan gambar satu per satu.

Sebenarnya format konten carousel ini dipopulerkan terlebih dahulu oleh platform pesaing TikTok, yaitu Instagram. Namun TikTok ingin mencoba menggabungkan fitur-fitur unggulan dari berbagai platform media sosial yang ada.

4 Kelebihan dari Format Carousel TikTok

  1. More Engaging

Dilansir dari LinkedIn Post milik Lindsey Gamble, beberapa user TikTok mendapatkan notifikasi terkait benefit Photo Post. Dalam postingan tersebut, TikTok juga menjanjikan engagement yang lebih tinggi bagi para creator yang membuat Photo Post.

TikTok “menjanjikan” engagement yang lebih tinggi untuk creator

  1. Maximize the “New Search Engine”

Sebagai “new search engine”, para creator TikTok dapat lebih leluasa untuk memberikan judul & copy on image yang komprehensif melalui format foto carousel. Selain itu format Foto dan Text lebih mudah dikategorikan oleh sistem, sehingga membuat audiens merasa lebih mudah menemukan konten yang relevan & cocok dengan preferensi mereka.

  1. Effectiveness and Efficiency

Meskipun format video lebih menarik perhatian audiens, waktu yang dibutuhkan untuk membuat konten dengan format foto carousel jauh lebih singkat jika dibandingkan format video. Ditambah para creator bisa leluasa membuat copy on image yang lebih detail.

  1. New Ad Creative Format

Dilansir dari website resmi TikTok, per-Mei 2024 format Carousel TikTok sudah sah dijadikan sebagai Ad Creative Format. Ini artinya, para digital marketer dapat memanfaatkan Carousel TikTok sebagai strategi iklan baru dalam ranah digital advertising. 

TikTok membagi Carousel Ads menjadi 2 jenis iklan, yaitu:

  • Standard Carousel: bisa digunakan untuk beberapa objektif seperti Traffic/Web Conversion/App Promotion

  • VSA Carousel: khusus untuk objektif Product Sales

 

Contoh VSA Carousel

Jadi, apakah kamu sudah pernah FYP lewat Carousel TikTok?