Peran Marketing Consultant Dalam Meningkatkan Bisnis Anda

Tara Rasasti,
Senior Account Strategist

July 04, 2021

Melihat kembali kondisi di awal tahun 2020, dimana pandemi Covid-19 mulai melanda dan menggoyang lini bisnis-bisnis di Indonesia, banyak perusahaan yang terbiasa melakukan offline marketing berpindah dan mulai beralih ke online marketing. Disinilah marketing consultant diperlukan keahliannya oleh berbagai perusahaan.

Memasuki era digital marketing, strategi pemasaran terus mengalami perubahan di mana tren baru selalu bermunculan. Hal inilah yang membuat jasa seorang marketing consultant begitu diperlukan sekarang ini. 

Apa Itu Marketing Consultant?

Beberapa perusahaan, terlebih perusahaan yang terbilang masih baru, terkadang belum memiliki tim pemasaran yang cukup memadai. Berangkat dari situasi ini, perusahaan perlu mencari tenaga outsourcing dalam upaya untuk meningkatkan kualitas marketing mereka. Sering kali, perusahaan akan menggunakan jasa seorang marketing consultant untuk membantu mereka meningkatkan strategi pemasaran produk / jasa yang ada.

Mengutip dari The Balance SMBMarketing Consultant dapat dikatakan sebagai seorang penasihat yang bekerja dengan sebuah perusahaan untuk membuat dan menerapkan strategi terbaik dalam pemasaran. Marketing Consultant diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mendefinisikan dan mencapai target pemasaran yang telah ditetapkan.

Peran Dari Marketing Consultant 

Dikatakan sebagai ahli pemasaran dengan pengetahuan terhadap tren - tren yang luas, marketing consultant diharapkan mahir dalam membentuk strategi yang mumpuni dan marketing consultant juga wajib mempresentasikan kinerja mereka ke jajaran direksi sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa cakupan scope of work dari marketing consultant:

1. Menganalisa Situasi Bisnis

Marketing consultant diharapkan dapat mendengarkan dan mengetahui masalah utama dari suatu perusahaan. Dengan keahlian yang dimiliki, diharapkan seorang marketing consultant dapat mengupas secara dalam isu pemasaran atau tantangan dari suatu perusahaan tertentu. Terkadang beberapa perusahaan masih mengalami challenge di dalam hal meningkatkan awareness, tetapi ada pula perusahaan yang mau lebih fokus pada peningkatan angka sales. Tentunya masing-masing isu memiliki solusi yang berbeda-beda, disinilah marketing consultant dibutuhkan untuk membantu mengurai suatu kondisi.

2. Menentukan Tujuan Pemasaran

Setelah mengetahui kondisi bisnis berikut dengan tantangan itu, marketing consultant dapat kemudian mengidentifikasi dan menyusun pesan untuk keperluan pemasaran pada berbagai platform yang digunakan oleh klien dan juga mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai.

Penting bagi suatu perusahaan untuk mencari tahu apa objective utama yang mau diraih dalam segi pemasaran. Hal ini tentunya melingkupi siapa target audience yang akan dituju suatu perusahaan, bagaimana behavior dari customer suatu produk, sampai menentukan juga target pasar dari segi lokasi dan tingkat umur. 

3. Merumuskan Strategi dan Taktik

Setelah mengetahui tujuan / objective dari suatu perusahaan, seorang marketing consultant dapat kemudian menentukan satu KPI yang nantinya akan sangat membantu dalam merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Misal dalam perihal akan menjalankan strategi digital marketing, dengan adanya KPI yang jelas akan berpengaruh pada  tenaga, biaya dan waktu dituangkan dalam rangkaian campaign marketing yang akan dilakukan.

4. Melakukan Optimisasi

Seorang marketing consultant juga perlu memastikan apakah strategi dan taktik yang sudah direncanakan dan dijalankan berjalan baik atau tidak dengan menganalisis aktivitas pemasaran bisnis di perusahaan tertentu dan memberikan rekomendasi sesuai dengan ketersediaan anggaran.

Hal ini dapat dilakukan dengan Jika tenyata dibawah standar KPI, maka akan merekomendasikan solusi alternatif agar tetap bisa menjalankan aktivitas pemasaran di Internet. 

Peran Konsultan Digital Marketing

Sebagai agensi dan marketing consultant dengan spesialisasi di area digital, Mediatics Digital Indonesia telah berhasil membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menyusun dan menjalankan strategi pemasaran online untuk mencapai target pemasaran yang telah ditetapkan. Menjalankan peran sebagai marketing consultant untuk para kliennya, Mediatics tentunya terbukti memiliki keahlian dalam melakukan kegiatan measurement, dimana analisis dan pengukuran data menjadi bagian penting bagi Mediatics untuk mengembangkan suatu bisnis.

Mediatics sebagai marketing consultant juga memahami  bahwa setiap bisnis itu unik dimana tentunya mempengaruhi strategi-strategi yang perlu dijalankan. Mediatics mampu mengembangkan strategi dan perencanaan campaign yang bersifat dinamis.

Tentunya, Mediatics akan membantu memantau hasil dan menyesuaikan rancangan kampanye seiring berjalannya kegiatan pemasaran. Optimisasi dan reporting tentu menjadi bagian dari peran Mediatics sebagai marketing consultant untuk perusahaan Anda.