Digital Marketing: Pengertian, Kelebihannya, dan Contohnya

Mediatics,
Writer

May 31, 2022

Saat ini tampaknya mempromosikan suatu usaha atau brand yang kamu punya tidaklah cukup jika hanya dilakukan secara tradisional. Selain persaingan bisnis yang semakin ketat, kemajuan  teknologi dan social media pun membuat pelaku bisnis besar dan kecil mulai ramai melakukan strategi digital marketing. 

Lalu, apa itu digital marketing? Bagaimana strategi digital marketing yang baik sehingga bisa meningkatkan penjualan pada usaha dan produk kamu? Untuk selengkapnya, yuk simak penjelasan berikut ini.


1. Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah strategi untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital. Adapun media pemasaran digital mencakup saluran komunikasi yang sering kita jumpai, yaitu internet, perangkat seluler, media sosial, televisi dan saluran digital lainnya. 

Jika kamu pernah melihat iklan saat mengunjungi website, TV, bahkan menerima email dari sales sebuah perusahaan, inilah yang disebut sebagai digital marketing.

Menurut seorang ahli, yaitu Rob Thompson dari Trendjackers, digital marketing adalah penggunaan teknologi digital dan perangkat yang didukung koneksi internet untuk mencapai target pemasaran. 

Jadi, definisi digital marketing bisa disimpulkan sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Dengan artificial intelligence digital marketing, baik perusahaan besar dan kecil bisa memasarkan produk mereka lebih luas dan mempelajari tingkah laku atau pola dari target audience mereka. Yang tentunya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penjualan produk. 

Sampai sini, sudah terbayang bukan mengapa menggunakan strategi digital marketing dinilai sangat efektif? Berikutnya kita akan membahas manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari strategi digital marketing.


2. Manfaat Menggunakan Digital Marketing

Dari penjelasan sebelumnya, digital marketing memiliki manfaat atau fungsi utama sebagai metode pemasaran atau promosi melalui kanal digital yang secara umum terhubung dengan internet. 

Tentunya, penggunaan internet yang semakin bertumbuh tiap tahunnya menjadi poin besar tersendiri bagi para pelaku bisnis. Maka dari itu, mengencangkan promosi lewat digital marketing yang dapat diakses dengan mudah adalah tujuan utamanya. 

Adapun, berikut ini adalah manfaat dari digital marketing. 

  • Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Tak bisa dipungkiri, jika menggunakan teknik digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, sudah pasti bisnis yang kamu jalankan tidak hanya dikenal di wilayah sekitar kamu saja. Tetapi, berbagai target audience dari berbagai wilayah bisa mengenalnya. Dengan demikian, peluang mendapatkan konsumen pun juga dapat semakin besar.

Hal penting yang seharusnya kamu ketahui ialah, hampir 80% konsumen akan menelusuri sebuah produk atau layanan sebelum membelinya. Jadi usaha digital marketing bukanlah hal yang seharusnya kamu tunda. 

Karena semakin lama kamu menunda untuk mendigitalkan bisnismu, akan semakin lambat juga bisnismu berkembang. 

  • Memberikan Kemudahan Dalam Melihat Perubahan Bisnis

Mengetahui perubahan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Masalahnya, tidak seluruh pebisnis dapat dengan pesat mengetahui perubahan dalam bisnisnya.

Akan tetapi, jika kamu menggunakan strategi digital marketing, hal ini tidak akan menjadi masalah. Sebab perubahan bisnis bisa dengan gampang kamu ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lama. Dengan begitu, analisa dan evaluasi bisnis pun juga dapat kamu lakukan dengan cepat.

  • Menghemat Biaya Promosi

Poin ini tentunya menjadi hal yang sangat penting, terutama jika saat ini kamu masih merintis bisnis dari awal.  Penekanan budget namun tetap menghasilkan insight yang bagus pada usahamu adalah manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika menerapkan strategi digital marketing, lho. 

Ya, strategi promosi melalui media internet memang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan menerapkan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membikin iklan di radio dan televisi. Oleh karena itu, jika kamu yang baru memulai bisnis dan berkeinginan agar bisnismu bisa dengan cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk menjalankan promosi.

Jadi, digital marketing tidak hanya membantu kamu menjangkau konsumen secara luas. Tetapi digital marketing juga bisa menghemat anggaran iklan kamu.

  • Membantu Untuk Meningkatkan Penjualan

Tujuan dari aktivitas digital marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk bisnis. Nah, karena digital marketing bisa menjangkau lebih banyak sasaran konsumen, sudah pasti akan berdampak pada meningkatnya penjualanmu.

Digital Marketing sudah dikonfirmasi oleh banyak pemilik bisnis bahwa dapat meningkatkan pendapatan mereka sampai 2,8 kali lipat dari sebelum melaksanakan usaha digital marketing.

  • Sarana Penghubung Yang Baik Dengan Konsumen

Pelanggan atau konsumen adalah salah satu hal penting dalam suksesnya sebuah bisnis. Oleh karena itu, membangun kedekatan yang baik dengan pelanggan tentunya sangat penting. Nah, manfaat digital marketing yang berikutnya adalah dapat menjadi sarana penghubung yang baik dengan konsumen.

Digital marketing dilaksanakan dengan beragam media yang terhubung secara langsung dengan konsumen. Meskipun belum saling mengenal satu sama lain, melalui teknologi digital sangat memungkinkan produsen untuk berkomunikasi dengan konsumen secara langsung. 

Konsumen pun akan merasa lebih aman, jika mendapatkan akses komunikasi yang mudah ke suatu produk yang mereka beli atau gunakan.  

  • Membantu Bersaing Dengan Kompetitor Bisnis

Sebelum teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula biasanya akan susah sekali bersaing dalam dunia bisnis. Namun, dengan adanya digital marketing saat ini, kamu bisa lebih mudah mengetahui informasi terkini mengenai bisnis dari kompetitor kamu. 

Kamu pun bisa perhatikan aspek-aspek yang penting dari brand kompetitormu dengan mudah. Seperti konten yang mereka buat, target konsumen, dan lainnya. 

Setelah mengamati aspek-aspek yang dilakukan oleh kompetitor, kamu bisa membuat beberapa catatan dan menjadikan evaluasi dari produk bisnis kamu. Sehingga, bisnis kamu pun bisa berkembang lebih baik lagi.


3. Jenis-Jenis Digital Marketing

 

Dalam praktiknya sendiri, digital marketing memiliki berbagai jenis metode. Berbagai metodi ini umumnya disesuaikan dengan sektor digital mana yang akan diambil oleh si produsen. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.

 
  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan digital marketing dengan cara optimalisasi pencarian di mesin pencarian (biasanya Google) yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan akses pengunjung atau calon pelanggan ke dalam situs. 

Dengan adanya SEO, situs bisa memiliki peringkat lebih tinggi pada halaman hasil pencarian di mesin pencarian. Dengan begitu sebuah situs akan memiliki traffic organik yang tinggi.

Beberapa manfaat dari SEO dapat dimaksimalkan dengan penggunaan situs, blog, atau infografis informatif. SEO sendiri terbagi lagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • SEO On page, metode ini berfokus pada konten di halaman situs dengan kata kunci tertentu untuk meningkatkan search engine result pages (SERPs)

  • SEO Off page, merupakan metode digital marketing berbasis SEO yang berfokus pada semua aktivitas di luar halaman situs. Umumnya dipakai strategi inbound link atau backlink, yaitu tautan menuju halaman situs utama.

  • SEO teknis, jenis metode ini dilakukan pada pemrograman back-end dalam situs utama yang dapat berupa data terstruktur, kompresi gambar, dan optimalisasi file Cascading style sheet (CSS).

 
  1. Search Engine Marketing (SEM)

Adapun SEM dan SEO memiliki persamaan metode digital marketing. Yang mana, mereka sama-sama berfokus pada peningkatan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencarian. 

Namun SEM memiliki perbedaan menonjol pada persoalan berbayar dan tidak berbayar. SEO umumnya tidak membayar Google untuk traffic dan banyaknya klik, sedangkan SEM dilakukan dengan pembayaran agar iklan tampil di halaman penelusuran.

 
  1. Social Media Marketing 

Social Media Marketing merupakan jenis digital marketing yang mengacu pada penggunaan media dan jaringan sosial untuk memasarkan produk dan layanan dari suatu produk. 

Pemasaran media sosial adalah metode digital marketing yang belakangan umum ditemui hampir di tiap media social. Dengan begitu, saat pengguna mencari sebuah barang tertentu maka akan memicu munculnya iklan terkait barang tersebut secara masif.

Social media marketing secara umum memberi kemudahan agar kamu bisa terlibat dalam kegiatan pelanggan di media social, dan menjangkau pelanggan baru dengan analisis data tertentu.

 
  1. Pay Per Click (PPC)

Pay per click adalah metode digital marketing yang bergantung pada tindakan yang dilakukan oleh pengunjung suatu situs, seperti; melakukan klik pada iklan, menonton tayangan video iklan, dan lainnya. 

Metode digital marketing jenis ini diartikan sebagai cara untuk pemilik situs memperoleh pendapatan ketika pengunjung melakukan tindakan tertentu atas situs mereka. 

Misalnya, seorang pengunjung mengklik iklan yang ditampilkan dalam sebuah situs, maka pemilik situs akan memperoleh uang dari tindakan “ klik” ini. 

 
  1. Email Marketing

Kamu pasti pernah mendapat kiriman surel berupa promosi produk atau layanan secara berkala atau semacamnya, bukan? 

Nah, itu adalah salah satu bentuk metode digital marketing yang popular, yaitu email marketing. Adapun email marketing adalah saluran digital marketing yang memasarkan produk atau layanan menggunakan surel kepada calon pelanggan. 

Metode ini digunakan secara otomatis saat calon pelanggan memasukkan alamat surelnya pada isian tertentu seperti bentuk subscribing di laman utama produk. 

Bisa dibilang, email marketing memainkan peranan penting dalam strategi pemasaran untuk menghasilkan prospek, kesadaran merek, menjalin hubungan antara perusahaan dengan calon pelanggan dan berbagai urusan komersial lainnya.

 
  1. Affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang menggunakan pihak ketiga untuk proses promosinya. Metode pemasaran jenis ini umumnya dilakukan dengan penayangan iklan atau promosi dengan bantuan pihak ketiga sebagai produsen atau penerbit iklan. 

Nah, penerbit atau produsen iklan ini yang kemudian disebut sebagai afiliasi. Dengan begitu, proses digital marketing jenis ini dilakukan dengan lebih mudah karena perusahaan utama hanya perlu mendelegasikan tugas pemasarannya pada pihak lain.

Pihak lain yang menyediakan iklan atau promosi mendapat bayaran dengan kesepakatan di depan. Bayaran dari afiliasi ini umumnya berupa komisi untuk tiap capaian pelanggan atau prospek yang dihasilkan dari suatu iklan atau promosi di ranah digital.

 
  1. Content Marketing

Content marketing merupakan metode digital marketing yang berupa sarana pemasaran berbagai konten. Pemasaran melalui konten ini bertujuan untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas dan pada akhirnya tertarik untuk menjadi pelanggan.

Bisa dibilang bahwa content marketing adalah pilar utama ketika kamu menjalankan social media marketing, email marketing, atau digital ads. Karena content marketing akan membantu kamu membangun minat calon pelanggan secara perlahan melalui konten-konten tertentu, yang berupa; tulisan, audio, gambar, atau video.


Berikut tadi adalah penjelasan dan contoh dari digital marketing. Jika kamu masih bingung untuk memulainya, Mediatics dapat membantu kamu untuk memahaminya lebih lanjut.

Tidak perlu khawatir, kami memiliki spesialisasi pada ranah digital marketing. Dan dengan para konsultan berpengalaman yang telah mengambil serangkaian Google Certification, Mediatics dapat membantu mengembangkan bisnis melalui perencanaan strategi digital campaign yang tepat guna. 

Jangan ragu untuk menghubungi kami di sini.