Memahami Marketing Agency dan Peranan Pentingnya

Mediatics,
Writer

April 20, 2022

Bicara soal marketing agency tentu berhubungan dengan perkembangan bisnis yang semakin pesat dari waktu ke waktu. Pertumbuhannya pun semakin tidak terbendung lagi mengingat lahirnya ide-ide brilian dari generasi ke generasi yang menjadi alasan bermunculannya bisnis baru.

Tentu saja, kemunculannya pun disambut baik di masyarakat. Bagaimana tidak? Munculnya bisnis-bisnis ini memiliki manfaat tersendiri. Selain menunjang perkembangan ekonomi dari berbagai sisi, bisnis-bisnis baru ini pun memberikan lahan pekerjaan baru bagi masyarakat. 

Namun, bukan tidak mungkin jika kehadiran bisnis yang begitu banyak ini akhirnya malah terbentur dengan rupa yang sama satu dengan lainnya. 

Hal ini pun memantik persaingan dan mengharuskan pelaku bisnis untuk memutar otak lebih keras untuk memasarkan bisnisnya secara tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa marketing agency. Apa sih marketing agency?

Jika kamu penasaran, kami Mediatics Digital Indonesia akan membahasnya secara tuntas di bawah ini supaya kamu semakin familiar lagi. Yuk, simak bersama!

Apa Itu Marketing Agency?

Kata agency memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Khususnya bagi para pekerja di rentang usia yang masih relatif muda, pasti sudah pernah mendengarnya. Namun, ternyata agency sendiri memiliki banyak jenis di mana salah satunya adalah marketing agency. 

Lantas, apa maknanya?  Singkatnya, marketing agency merupakan salah satu jasa yang dapat membantu bisnis untuk melakukan penyusunan strategi pemasaran. 

Sering kali penyusunan strategi ini membutuhkan waktu riset yang tidak singkat. Itu sebabnya dibutuhkan jasa profesional untuk mengaturnya dengan baik. Di sinilah peran marketing agency dimainkan.  

Selain untuk menyusun strategi, marketing agency juga dapat membantu bisnismu untuk  melakukan riset pasar sampai menentukan unique selling point dari produkmu sehingga dapat lebih mudah lagi untuk menembus pasar nantinya. 

Di samping itu, marketing agency juga akan membantumu untuk berkonsultasi dalam melakukan pemantauan yang terukur mengenai perkembangan aktivitas pemasaran yang sebelumnya sudah dilakukan.  

Jadi, kamu akan sangat terbantu untuk tetap produktif dalam menangani aspek bisnis lainnya.    

Apa yang Membedakan Marketing Agency?

Pasti pertanyaan ini juga tak jarang untuk muncul di kepala, khususnya bagi yang belum familiar. 

Pada dasarnya, agency memiliki berbagai macam tipe. Di antaranya adalah digital agency, advertising agency, creative agency, entertainment agency, marketing agency dan masih banyak lagi. 

Namun, masing-masing tipe memiliki perannya tersendiri di dalam suatu bisnis. Marketing agency sendiri memiliki pembeda yang cukup kental dibandingkan dengan agency tipe lainnya. Salah satunya adalah kemampuannya untuk berfokus kepada pemasaran dan penjualan. 

Hingga kini, keberhasilan marketing agency dalam mengkonversikan strategi kedua hal tersebut bisa dibilang cukup diperhitungkan dalam bisnis.

Jenis-jenis Marketing Agency

Marketing agency ternyata juga memiliki jenis-jenis tersendiri. Kira-kira apa ya yang paling cocok untuk bisnismu?

  1. Traditional Marketing Agency

Pada tipe marketing agency yang satu ini pemasaran akan berfokus kepada campaign di media, baik cetak, televisi maupun radio. 

Selain itu, traditional marketing agency juga kerap melakukan pengembangan pada acara offline. Namun, kekurangan dari tipe ini adalah sulitnya memantau perkembangan dengan pengukuran dan data yang pasti.

  1. Digital Marketing Agency

Tipe berikut ini pasti jauh lebih sering terdengar di telinga. Digital Marketing Agency yang kerap bermunculan beberapa tahun belakangan ini menjadi perusahaan destinasi para generasi muda untuk mengasah skill mereka. 

Digital Marketing Agency sendiri memiliki ciri pemasaran yang biasa dilakukan secara online. Biasanya tim akan mengelola aset digital dari perusahaan, misalnya website, social media, email marketing, newsletter dan lain sebagainya untuk memaksimalkan pemasaran bisnis. Bisa dibilang menggunakan tipe marketing agency ini adalah keputusan paling tepat. 

Selain karena sekarang dunia digital sedang hangat-hangatnya, menggunakan jasa digital marketing agency juga dinilai lebih terjangkau dan terbukti bekerja dengan baik pada bisnis.

  1. Specialized Marketing Agency

Sesuai dengan namanya, tipe Specialized Marketing Agency biasanya lebih fokus kepada pengembangan aset tertentu pada perusahaan sesuai dengan service yang ditawarkan. 

Sebagai contoh, suatu marketing agency hanya mengerjakan interface design dari website perusahaan dan hanya berfokus pada experience audiens dari bisnis itu sendiri. Kekurangannya, tentu saja kamu harus ikut memikirkan konsep dan juga strateginya dari awal walaupun nantinya dapat dikomunikasikan bersama.

  1. Full-Service Digital Marketing Agency

Jika memang menginginkan all round situation, sepertinya Full-Service Digital Marketing Agency cocok untuk diterapkan pada bisnismu. 

Pada tipe ini kamu akan mendapatkan rencana pemasaran dan strategi untuk promosi yang lengkap dengan penanganan desain untuk memaksimalkan pengalaman audiens.  

Tentu saja hal ini juga termasuk dengan pengembangan social media dan juga aset digital lainnya yang meliputi inbound marketing, advertising, search engine marketing dan lain sebagainya. 

Keuntungannya, tentu kamu bisa mendapatkan seluruh proses marketing yang dapat diimplementasikan secara profesional ke dalam bisnismu tanpa harus khawatir tentang bagaimana cara mengoptimalkan saat menerapkannya.

Manfaat Menggunakan Marketing Agency

Jika sudah cukup tergambar mengenai bagaimana latar belakang dari marketing agency, berikut ini kami jelaskan beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan jasa marketing agency pada bisnismu.

  1. Membantu Perkembangan Bisnis

Menggunakan jasa marketing agency akan membantu perkembangan bisnismu. Bagaimana tidak? Dengan adanya strategi dan juga pengelolaan yang tepat, bisnismu akan berdiri lebih tegak. 

Begitu juga jika disandingkan dengan kompetitor lain, bisnismu akan memiliki nilai yang kuat sehingga dapat membantu agar tetap bertahan di tengah persaingan pasar. 

Selain itu, pemasaran pada bisnismu juga akan terasa lebih profesional dengan adanya pengelolaan di tangan tim yang tepat melalui keahliannya masing-masing.

  1. Meningkatkan Konversi Penjualan

Keuntungan lainnya yang akan kamu dapatkan dengan jasa marketing agency adalah konversi penjualan yang akan meningkat. Salah satunya karena beberapa marketing agency menerapkan strategi dengan search engine marketing yang dinilai dapat menghasilkan tingkat konversi paling tinggi. 

Itu sebabnya produk atau jasa yang dipasarkan pada bisnismu dapat lebih mudah menarik calon konsumen. Bukan hanya itu, dengan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan target audiens bisnismu juga akan lebih mudah dalam memperluas jangkauan pasar. 

  1. Menghemat Waktu dan Biaya Pemasaran

Coba bayangkan jika kamu baru saja memulai bisnis dan harus merekrut beberapa tenaga ahli untuk mengembangkan strategi bisnis. 

Belum lagi tenaga kreatif yang akan membantu melakukan produksinya. Pasti sudah menyita sebagian besar alokasi dana. Untuk itu, penggunaan jasa marketing agency bisa menjadi solusi untuk jalan pintas secara sehat pada bisnismu. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengulik dari awal mengenai seluk-beluk marketing untuk akhirnya diterapkan kepada bisnismu. 

Itu dia penjelasan mengenai marketing agency yang akan membuatmu semakin mengenali perannya lebih jauh lagi. 

Jika kamu tertarik untuk segera mencoba jasa marketing agency dan menunjang bisnis, Mediatics Digital Indonesia siap membantumu. Melalui perencanaan marketing dan juga strategi yang tepat, tim Mediatics akan melakukan yang terbaik pada bisnismu tanpa harus khawatir tentang implementasinya.

Jadi, sudah siap untuk mengembangkan bisnismu dengan marketing agency?

Baca juga: Mengenal Advertising Agency dan Perannya bagi Bisnismu