3 Tipe Influencer Generated Content yang Wajib Dicoba oleh Pemilik Brand!

Mediatics,
Writer

December 26, 2022

Tren strategi menggunakan influencer marketing menjadi salah satu cara marketing yang dipakai beberapa tahun ini. Nah, di tengah maraknya berpromosi menggunakan cara tersebut, influencer generated content hadir pula menjadi salah satu konten yang disukai oleh audiens.


Kenalan dengan Influencer Generated Content

Influencer generated content adalah semua konten yang dibuat oleh influencer dan bertujuan untuk mempromosikan brand milikmu. Biasanya pada influencer generated content, pihak brand memang sengaja melakukan kerjasama dengan influencer yang dirasa cocok dengan mereka. Baik dari segi persona maupun value sang influencer.

Di tengah gencarnya berpromosi bersama influencer, rasanya brand-mu pun harus mencobanya pula!

3 Manfaat dari Influencer Generated Content

Tentu satu yang jadi alasan kenapa brandmu harus mencoba cara ini ialah manfaat yang dihadirkannya. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Menjangkau audiens yang luas

Tentu manfaat utama yang didapat dengan berpromosi menggunakan cara ini adalah menjangkau audiens yang lebih luas. Melihat pengikut yang dimiliki oleh influencer sendiri menjadi audiens baru mu.

Tak jarang pula, mereka inilah yang bisa jadi calon pembeli atau bahkan pelangganmu. Hal ini dikarenakan pengikut dari influencer banyak yang loyal. Mereka mempercayai dan mudah dipersuasi oleh idola mereka sendiri. 

  1. Hadirkan kredibilitas pada brandmu

Beberapa influencer hadir dengan niche konten yang mereka kuasai masing-masing. Banyak dari mereka pula yang membangun “value” dirinya dalam beberapa tahun. Mereka adalah orang yang memiliki profesionalitas tinggi. 

Dengan berkolaborasi bersama mereka, tentu brand-mu dapat dikenal lebih luas. Namun, dibalik itu orang-orang akan menyadari brandmu dengan sudut pandang yang positif karena kamu telah berhasil dan mampu bekerja sama dengan influencer. 

Nah, makanya langkah awal yang harus dicermati oleh dirimu ketika ingin memakai cara ini adalah meriset dan mengetahui benar influencer mana yang akan kamu ajak bekerja sama. Karena secara tidak langsung, di situ lah brandmu tercermin pula. 

  1. Berikan informasi produk lebih natural

Tentu, satu yang diharapkan dari kegiatan berpromosi adalah orang tahu keberadaan brandmu dan apa saja produkmu. Kini, tak jarang ditemukan audiens yang bosan dengan konten promosi yang “ngiklan banget”.

Berpromosi melalui influencer generated content, kamu dapat menghadirkan informasi brand maupun produk senatural mungkin. Walaupun brief konten tetap jadi kendalimu, tak jarang pula influencer sendiri memiliki pakem-pakem berpromosi sesuai dengan persona mereka. Dengan begitu, audiens akan lebih menikmatinya!

3 Tipe Influencer Generated Content yang Disukai

Sekarang kita masuk ke dalam apa yang bisa brandmu lakukan jika sudah mendapatkan influencer yang sesuai.

  1. Short video 

Pertama, bentuk promosi yang disukai saat ini adalah konten yang berbentuk video vertikal dengan durasi yang pendek. Adapun durasi yang ideal dan banyak dipakai saat ini ialah 60 detik, 3 menit, dan tak lebih dari 10 menit.  Hal ini didukung oleh kepopuleran platform media sosial TikTok yang kemudian disusul oleh Instagram Reels. 

Video berdurasi pendek tidak membuat audiens harus berlama-lama untuk melihat kontenmu dan menangkap apa yang harus mereka lakukan. Namun, satu hal yang jadi tantangan tersendiri adalah bagaimana brandmu harus membuat konten yang menarik dan tentunya informatif pula. 

Baca juga: TikTok Ads adalah Tren Baru dalam Beriklan? Cari Tau di Sini!

  1. Lifestyle advice

Orang yang berselancar di dunia maya tak jarang adalah mereka yang hadir dengan banyak pertanyaan. Kamu sebagai pengiklan bisa hadir untuk menjawabnya. Ditambah

belakangan ini influencer yang menghadirkan lifestyle advice bermunculan. 

Misalnya ada influencer yang menghadirkan konten hidup minimalis di apartemen. Hal ini secara tidak langsung memengaruhi pengikut hingga bahkan audiens mereka untuk sekedar aware hingga mengamini apa yang influencer lakukan. 

  1. Behind the scene

Terakhir, pengikut setia tentu penasaran dengan apa yang dilakukan oleh sosok yang mereka kagumi. Konten behind the scene yang dimaksud adalah bagaimana keseharian hidup mereka di balik kamera. 

Misalnya, behind the scene ketika influencer bekerja, dan brandmu yang merupakan produk baju bisa  menjadi outfit yang dikenakannya. Buat saja keseharian yang padat, namun selipkan informasi jika produkmu nyaman dipakai untuk kegiatan yang ekstra. Tentu konten ini akan jauh lebih natural dan lebih soft selling.


 

Mulai Influencer Generated Content-mu Bersama Mediatics!

Lakukan influencer generated content-mu yang maksimal bersama Mediatics Digital Indonesia. Setidaknya terdapat 4 layanan influencer marketing yang kami hadirkan untukmu. Mulai dari Paid Promotion, Content Co-Creation, Live Event Reporting, hingga O2O Activation. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan objective campaign brandmu!

Yuk, segera hubungi kami dan lakukan kolaborasi Influencer Generated Content bersama Mediatics!